Indonesia Kids Don’t Know How Stupid They Are

1459174243220Saya membuat judul ini karena saya teringat pada pembelajaran perkulihan saya kemarin pada mata kuliah B. Indonesia tentang literasi. Ya seperti yang kita lihat literasi membaca Indonesia  memang masih rendah. Indonesia terkenal dengan orang yang malas membaca. Dilansir dari artikel “Indonesia Kids Don’t Know How Stupid They Are” oleh Elizabeth Pisani, seorang jurnalis dari Amerika Serikat pemerhati Indonesia. Seperti yang telah saya baca di artikel tersebut setiap 3 tahun sekali  sistem pendidikan Indonesia menjalani penghinaan ritual tes PISA. Apa itu PISA? PISA (Programme for International Student Assessment) yang diselenggarakan oleh OECD (Organisation for Economic Cooperation & Development), adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk memberikan informasi bagi setiap Negara yang berguna untuk dijadikan sebagai referensi kebijakan untuk kemajuan ekonomi dan kesejahteraan setiap manusia.
Di dalam artikel tersebut dia menyoroti betapa rendahnya kemampuan Indonesia dalam kemampuan metematika dan sains. Satu-satunya keunggulan Indonesia ialah tingkat kebahagiaan anak-anak di sekolah. Meski memalukan, tulisan itu didorong keprihatinan Pisani atas kualitas pendidikan di Indonesia yang mengancam masa depan anak-anak.

Hasil dari tes PISA Indonesia

Hasil PISA 2012, menunjukkan bahwa Indonesia peringkat di bagian bawah tumpukan dalam matematika dan sains, dan hanya sedikit lebih baik dalam membaca. Namun pada tahun 2015 Indonesia mengalami peningkatan dalam bidang sains, dari 382 poin pada tahun 2012 dan menjadi 403 poin di tahun 2015. Dalam kompetensi matematika meningkat dari 375 poin di tahun 2012 menjadi 386 poin di tahun 2015. Dan untuk Kompetisi membaca belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari 396 poin ditahun 2012 menjadi 397 poin di tahun 2015, terlihatkan dari hasil kompetisi membaca nya?

Menurut Asih yang merupakan salah seorang peserta panel bertajuk Nation That Doesn’t Read ASEAN Literary Festival, dalam pengakuan dan pandangannya mewakili kondisi banyak  warga Indonesia yang tidak menyadari betapa pentingnya membaca, terutama pada karya sastra. Tidak ada yang mampu menyangkal tingkat literasi di Indonesia masih amat rendah.

Saya juga membaca di dalam buku Refleksi Kehidupan oleh Dedi Sahputra Napitupulu dan Rahmat Asri Sufa mengatakan bahwa penyebab malas membaca adalah karena mental kita terlalu instan, yang mengingkan sesuatu hasilnya langsung dapat dinikmati, dalam bahasa filsafatnya “pragmatis”. Sedangkan membaca tidaklah demikian. Kadang hasil bacaan kita hari ini bertahun-tahun kemudian baru terasa manfaatnya.  Penyebab selanjutnya adalah karena kita menganut jiwa sosial

 

yang terlalu tinggi. Kita lebih suka ngobrol di warung kopi/kantin, daripada membaca buku dengan sifat individualisme. Padahal, sangat jelas sekali bahwa kualitas pribadi kita diukur dari kadar keilmuan yang kita miliki dan itu hanya dapat diperoleh dari membaca. Lebih jauh lagi kualitas bangsa tergantung dari sejauh mana minat penduduknya membaca.

Di Negara ini orang membaca buku demi kepraktisan. Orang membaca buku agama karena ingin tahu cara masuk surga. Orang baca buku panduan bisnis karena ingin kaya. Orang membaca buku apabila ada tugas saja. O

rang baca buku ketika hendak mau buat skripsi saja. Orang membaca buku ketika hendak mau ujian. Dan masih banyak contoh lainnya. Padahal, ada dimensi lain tentang membaca, yaitu belajar empati dan perspektif. Padahal dengan membaca kita bisa tau yang sebelumnya kita tidak tau, dengan membaca buku kita juga bisa menambah wawasan kita untuk berpikir.

Yuk mari sama-sama kita tingkatkan literasi membaca kita, membaca itu jendela dunia. Kalo bukan kita yang merubahnya siapa lagi?

 

Advertisements

2 thoughts on “Indonesia Kids Don’t Know How Stupid They Are

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s